DPR  Minta Pengawasan Lalu Lintas Hewan  Diperketat

cara pemprov tangani virus pmk

Yupz.net – Anggota Komisi VI DPR RI, Budi Setiawan,meminta Pengawasan Lalu Lintas Hewan Tetap Diperketat, hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran kembali virus Penyakit Mulut dan Kami (PMK). Budi, tidak memungkiri saat ini penyebaran virus PMK ini sudah terkendali, namun bagaimana pun juga kehati-hatian tetap harus diterapkan.

“Pengetatan lalu Lintas hewan ternak terutama harus dilakukan untuk daerah yang belum bisa mewujudkan swasembada daging seperti Jabar,” katanya kepada wartawan saat dihubungi. Selasa (27/8/2022).

Menurut Budi, Kondisi eksisting, kasus PMK di Indonesia termasuk di Jabar sudah terkendali. Kendati demikian, pengawasan lalu lintas tetap harus diperketat baik lalu linta untuk hewan ternak yang didatangkan dari negara lain maupun yang didatangkan dari Provinsi lain.

“Kita tidak tahu kondisi hewan yang datang dari luar negeri. Seketat apa hewan ternak dari luar negeri kondisi kesehatannya,” katanya.

Permintaan daging sapi di Jawa Barat cukup tinggi, sehingga kewaspadaan tetap harus dijaga, sehingga lanjut dia, Jabar tidak kecolongan dengan keberadaan hewan ternak dari luar negeri.

“Untuk Jabar, dengan kondisi faktual ketergantungan untuk memenuhi kebutuhan daging terutama sapi masih tinggi, dalam situasi PMK masih harus diwaspadai  mengharuskan ada pengetatan dalam penanganan lalu lintas hewan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *